Skip to main content

Beberapa Pendekatan Dalam memahami Emosi



A.    PENDEKATAN MOTIVASI PADA EMOSI

Sylvan S. Tomkins: afeksi sebagai penguatan
Tomkins (1962, 1970) berasumsi bahwa terdapat delapan dasar emosi (afeksi). Yang positif adalah ketertarikan, kejutan, kegembiraan. Yang negatif adalah sedih, takut, malu, jijik, marah. Dasar emosi ini adalah “respon bawaan terpola” yang merupakan tipe khusus dari stimulus dan kita mengekspresikannya dengan bermacam-macam reaksi tubuh, terutama ekspresi wajah. Pada setiap afeksi, terdapat asumsi bahwa program ini tersimpan dalam area subkotikal dalam otak. Karena ini bersifat genetis, maka jenis dari ekspresi ini behubungan dengan dasar emosi. Banyak teori-teori yang menekankan pada kejelasan antara sistem afeksi dan sistem motivasi. Banyak ahli psikologis yang berpendapat bahwa motiv lah yang mengarahkan orang dalam bertindak. Tetapi menurut Tomkins, motiv adalah sinyal primer dari kebutuhan tubuh, dan emosi adalah sinyal penguatnya.
Sistem afeksi lebih general dibandingkan drive system. Drives secara primer berkonsentrasi pada objek utama baik dengan maupun tanpa tubuh dan ditujukan dengan pola berirama. Sedangkan sistem afeksi dapat mengasosiasikan hampir seluruh stimulus dan dapat bertahan lama maupun sebentar.
Carrol E. Izard: Perbedaan Teori Emosi
Izard menentang teori yang memperhatikan latar belakang dari automatic nervous system sebagai faktor utama dari emosi. Malahan dia berpendapat bahwa afeksi itu adalah respon wajah secara primer. Pola dari reaksi wajah yang yang kita sebut emosi dianggap bahwa memiliki dasar neurologis dalam sukortikal program pada setiap emosi. Setiap program memiliki dasar genetis. Orang tidak belajar merasakan takut atau depresi; mereka hanya belajar isyarat bahwa pemicu reaksi dari kecemasan atau depresi (Izard, 1972).
Mengikuti Tomkins, Izard menyatakan beberapa emosi dasar dari yang semua orang dapat kombinasikan. Kadang dia melist delapan emosi dasar, terkadang sepuluh. List nya adalah termasuk ketertarikan, gembira, terkejut, stres, marah, muak, jijik, malu, bersalah, dan takut.  Izard menyatakan bahwa dari sebuah poin evolusioner, itu tidak mungkin seekor hewan dapat berpikir sebelum merasakan. Faktanya, jika seekor hewan ingin betahan hidup, mereka harus memiliki emosional respon, seperti lari atau menyerang.
Izard memiliki ide-ide penting tentang perkembangan emosi pada bayi. Yang disebutnya sebagai dasar emosi dan ciri tersendiri  pada masa awal pada bayi, yang memiliki fungsi khusus yakni mereka memiliki sinyal bahwa bayi sangat butuh pada pengasuhnya. Emosi ini dinyatakan dalam tanda dari ekspresi wajahnya, yang berkaitan langsung dengan pengalaman ekspresi. Dari pandangan Izard, emosi hanya satu bagian dari organisasi kepribadian. Untuk membenarkan ide dasar emosi, Izard melist kriteria yaitu : emosi dasar memiliki: dasar neural spesifik; ekspresi wajah khusus; perasaan unik; asal dalam evolusi proses biologis; dan properti motivasi menggunakan fungsi adaptif (Izard, 1991).

B.     PENDEKATAN KOGNITIF PADA EMOSI
Stanley S. Schachter : Emosi sebagai Label Verbal Arousal
Pada tahun 1962, Stanley dan temannya Jerome mempublikasikan sebuah tulisan yang mendeskripsikan pendekatan kognitif pada emosi, yang memiliki pengaruh besar pada pemikiran banyak psikolog. Pandangan William James tentang emosi menyatakan bahwa perasaan emosi kita secara luas berdasarkan pengalaman yang kita punya dari perubahan otonomis di tubuh kita. Implikasi dari pandangan ini adalah kita mendasarkan pengalaman kita dari emosi yang berbeda-beda, seperti kesedihan dan kemarahan, pada pola berbeda dari arousal otonomis untuk masing-masing emosi.
Karena sedikitnya bukti untuk pola tersebut, Stanley dan Jerome memutuskan untuk mencoba mengidentifikasi dasar untuk mengenali kondisi emosional dalam istilah yang diinterpretasi oleh seseorang dari situasi yang dialaminya. Bagaimanapun juga, masih dipenggaruhi oleh William, mereka menambahkan asumsi bahwa keadaan arousal fisiologis harus ada. Bedasarkan pendapat mereka, seseorang dapat menginterprestaikan kondisi yang sama dari arousal fisiologis, tergantung pada interpretasi mereka dari situasi. Pandangan ini mengasumsikan hanya satu jenis kesenangan fisik atau arousal.
Telah ditunjukkan oleh banyak penulis (mislanya Lacey &Lacey, 1962) bahwa denyut jantung memiliki sedikit korelasi dengan langkah-langkah lain dari arousal, seperti tekanan darah atau resistensi kulit. Dalam hal ini juga diketahui bahwa stimulan tertentu (misalnya, amfetamin) menghasilkan penurunan denyut nadi, sedangkan obat penenang tertentu (misalnya, chlorpromazine) menghasilkan peningkatan denyut jantung (Goodman & Golman, 1960). Oleh karena itu, denyut jantung merupakan ukuran terendah tingkat tubuh pada arousal.
Harris dan Katkin (1975) mencapai kesimpulan serupa setelah meninjau literatur pada umpan balik yang salah informasi otonom sebagai faktor dalam memproduksi emosi. Meskipun bukti itu tidak jelas tapi setidaknya konsisten dengan gagasan bahwa emosi dapat terjadi tanpa bukti arousal “emosi terutama keadaan kognitif. Tidak tergantung pada arousal otonom.” sebaliknya, diketahui bahwa arousal dapat terjadi tanpa emosi.
Pentingnya studi Schachter mempengaruhi penelitian selanjutnya. Namun, penelitian ini penting dalam peran faktor kognitif yaitu, interprestasi seseorang dalam menentukan keadaan emosional. Dalam kehidupan nyata dari manusia dan hewan, penilaian kognitif terjadi sebelum sistem saraf bertindak untuk melepaskan hormon ke dalam darah. Dari sudut pandang untuk bertahan hidup, tidak mungkin perilaku emosional menunggu evaluasi dari gema arousal.
George Mandler; Emotion as Cognition Arousal Interaction
Versi lain dari teori kognitif arousal, hampir sama dengan teori Schacter , yang diusulkan oleh Mandler dalam bukunya mind and emotion (1975) yang berkaitan dengan konsep psikologis arousal. Dan buku yang berkaitan dengan james mengenai perasaan emosi dan arousal otonom.
Asumsi utama Mandler adalah arousal otonom “merupakan sinyal untuk organisasi mental untuk perhatian, kewaspadaan, dan pemindaian lingkungan.” arousal dapat diproduksi baik sebagai akibat dari program otomatis sistem saraf otonom dengan stimulasi atau hasil analisis dari suatu penilaian atau penafsiran situasi. Dalam pandangan Mandler, persepsi arousal menghasilakn pengalaman emosional.di sisi lain, ia muncul untuk menerima posisi alternatif “evaluasi kognitif dan arousal”.
Satu kritikan penting dari James yaitu respon otonom yang sangat lambat dari respon introspeksi emosional. Mandler mengakui bahwa respon emosional dapat terjadi dalam ketiadaan arousal, yang bertentangan dengan teori. Untuk mengatasi masalah ini james ragu menunjukkan kemungkinan gambar otonom, yang menjadikan beberapa jenis penghubung antara permulaan dari lingkungan dan perasaan emosi.
Mandler berpendapat bahwa sistem saraf otonom adalah sistem sinyal yang masuk ke dalam situasi evaluasi. Mandler sendiri mengutip bukti bahwa individu mungkin dengan mudah disesatkan tentang tingkat  arousal mereka sendiri. Akhirnya, literatur psychopharmacological menunjukkan bahwa banyak obat yang dapat melewati sawar darah / otak dapat memiliki efek mendalam pada perasaan emosional dan perilaku tanpa memiliki efek pada sistem saraf otonom.
Andrew Ortony, Gerald Clore, and Allan Collins: The Cognitive Structure of Emotions
Dalam buku Ortony, Clore, dan Collins disebut struktur kognitif emosi. Mereka tidak memperhatikan peran fisiologi, perilaku, atau ekspresi bukan karena mereka menganggap aspek emosi tidak penting, tetapi karena mereka ingin belajar titik awal dalam rantai emosi, kognisi. Dengan kata lain, pendekatan dari teori ini mengasumsikan bahwa emosi perasaan dilaporkan, diungkapkan oleh laporan bahasa dan mandiri.
Ortony, Clore, dan Collins menunjukkan bahwa kita menggunakan empat jenis bukti untuk memahami emosi. Pertama adalah bahasa emosi seperti yang tercatat dalam kamus; tapi teori emosi tidak sama sebagai teori bahasa emosi. Yang kedua adalah laporan diri, yang, meskipun mengalami banyak tekanan untuk menghindari mengungkapkan batin yang sejati, masih dianggap cara terbaik untuk mendapatkan mereka. Yang ketiga adalah perilaku atau ekspresif display, yang menjadi fokus utama dari banyak psikolog dan etolog. Dan jenis terakhir dari bukti reaksi fisiologis. Ortony, Clore, dan Collins tertarik hanya pada dua jenis bukti pertama untuk teori kognitif mereka.
Dalam teori itu sendiri, penulis ini membedakan antara jenis emosi dan token emosi. Jenis emosi adalah keluarga yang berbeda dari emosi yang terkait erat yang memiliki kondisi memunculkan dasar yang sama. Jadi, misalnya, rasa takut adalah jenis emosi, sementara kata-kata seperti senang, benci, kasihan, dan penyesalan adalah token emosi yang mewakili berbagai jenis emosi. Ketakutan adalah tipe emosi karena tergantung pada interpretasi peristiwa-peristiwa tertentu sebagai konsekuensi yang tidak diinginkan untuk diri sendiri.
Teori ini mengasumsikan bahwa tiga aspek dunia menentukan kognisi: peristiwa, agen, dan objek. Jenis yangsama dari analisis yang diberikan untuk istilah seperti so mbong, lega, kekecewaan, dan kemarahan. Dalam hubungan ini, cinta hanya digambarkan sebagai menyukai beberapa aspek pada objek. Richard S.Lazarus: relasional motivasi kognitif.
Lazarus telah peduli pada sebagian besar karirnya (Lazarus, 1966; Lazarus dan Folkman, 1984) dengan hubungan antara stres dan coping pada orang dewasa. Dia menunjukkan bahwa studi tentang emosi harus mencakup studi tentang kognisi, motivasi, adaptasi, dan aktivitas fisiologis. Emosi melibatkan penilaian dari lingkungan dan hubungan individu dengan orang lain, dan upaya mengatasinya.
Ide sentral dari teori ini adalah konsep penilaian, yang mengacu pada proses pengambilan keputusan yang mengevaluasi bahaya pribadi dan manfaat yang ada dalam setiap interaksi lingkungan. Penilaian utama menyangkut relevansi interaksi untuk seseorang, sejauh mana tujuan situasi yang kongruen (yaitu, menggagalkan atau memfasilitasi tujuan pribadi), dan tingkat keterlibatan ego sendiri (atau tingkat komitmen). Penilaian sekunder memutuskan menyalahkan atau kredit, potensi koping , dan harapan masa depan.
Sebuah kunci utama dari konsep penilaian sekunder adalah ide koping, yang mengacu pada cara untuk mengelola dan menafsirkan konflik dan emosi. Menurut lazarus, ada dua jenis umum dari proses koping. Pertama disebut problem focused coping, yang berkaitan dengan konflik oleh tindakan langsung yang dirancang untuk mengubah hubungan (misalnya, berkelahi jika terancam). Kedua disebut emotion focused (kognitif) koping, yang berkaitan dengan konflik dengan menafsirkan situasi (misalnya, penolakan dalam menghadapi ancaman).
Aspek penting lain dari teori lazarus adalah konsep tema inti relasional. Sebuah relasional didefinisikan sebagai bahaya pusat atau manfaat yang terjadi pada setiap pertemuan emosional.
Lazarus mencoba untuk menunjukkan relevansi ide-idenya tentang emosi untuk perkembangan anak, psikologi kesehatan dan psikopatologi. Penilaian melibatkan deteksi dan evaluasi kondisi adaptasional relevan yang memerlukan tindakan. Penilaian ini menentukan keadaan emosional.
Teori Lazarus penting karena mengarahkan perhatian pada aspek emosi, kognisi yang lain telah diabaikan atau diminimalkan. Nilai penting dari teori lazarus adalah tidak menyajikan pandangan emosi tapi poin untuk banyak masalah yang kompleks yang memerlukan penelitian dan teori baru.

C.    PENDEKATAN PSIKOANALISIS PADA EMOSI
        Hampir semua psikolog psikoanalis yang terlibat dalam praktek swasta psikoanalisis. Tulisan- tulisan mereka tidak peduli dengan bukti eksperimental, tetapi dengan konsistensi teoritis dan relevansi dengan praktik terapi.
Sandor Rado: A Theory of Emergency Affects
Sandor Rado dilatih di Eropa sebagai psikoanalis tetapi menghabiskan bertahun-tahun hidupnya sebagai direktur dari pusat pelatihan psikoanalisis utama di Amerika Serikat. Walaupun latar belakang pelatihan dalam psikoanalisis adalah ortodoks, ia telah membuat kontribusi inovatif untuk analisis teori, khususnya di bidang mempengaruhi.
Rado mengatakan bahwa ada tujuh yang mempengaruhi pola penting yang dapat diidentifikasi. Pola-pola ini termasuk melarikan diri, tempur, penyerahan, pembangkangan, merenung, kafarat, dan kerusakan diri, antara lain (Rado, 1956). Rado kemudian mulai mengembangkan teori bertingkat emosi berdasarkan pertimbangan evolusi. Kontak dengan benda yang buruk atau berbahaya biasanya menyebabkan nyeri, yang hanya primitif, sinyal darurat menunjukkan bahwa cedera telah terjadi. Sama seperti efek kesenangan adalah untuk menghasilkan respon penggabungan, efek nyeri adalah untuk menghasilkan respon pembersihan.
Rado mengasumsikan bahwa rasa sakit mental atau nyeri diantisipasi dapat memicu perilaku pembebasan seperti halnya nyeri tubuh, tetapi upaya pembebasan kurang efektif dan bahkan mungkin patologis.
Rado menyebut tingkat kedua integrasi merupakan emosional kasar. Sebagai organisme yang mereka juga mengembangkan cara-cara baru untuk mengatur dan memilih pola perilaku. Metode baru dari kontrol gerakan dasar ketakutan, marah, cinta, dan kesedihan. Sama seperti kesenangan dan rasa sakit bergerak menuju atau menjauh dari rangsangan di lingkungan, emosi ini memberikan cara yang lebih terkontrol untuk melakukan hal yang sama.
Rado menyebut tingkat ketiga integrasi merupakan tingkat pikiran-emosional, dan itu berkaitan dengan peningkatan dalam ensefalisasi otak. Dalam tingkat kontrol, emosi lebih tekendali dan lebih beragam. Emosi derivatif muncul seperti ketakutan, gangguan, kecemburuan, dan iri hati.
Tingkat keempat regulasi menurut Rado adalah tingkat olah-emosional. Tingkat ini melibatkan penguasaan peristiwa dengan cara intelektual. Elemen-elemen kunci dari penguasaan tersebut foresight dan penundaan reaksi. Rado kemudian mendefinisikan emosi sebagai "sinyal persiapan yang mempersiapkan organisme untuk perilaku darurat .... tujuan perilaku ini adalah untuk mengembalikan organisme untuk keselamatan "(Rado, 1968).
Charles Brenner :  affect as Hedonic State Plus Idea
Charles Brenner seorang psikoanalis terkenal dan mantan presiden American Association psikoanalitik. Karyanya sangat didasarkan pada pemikiran psikoanalitik klasik.
Brenner menunjukkan bahwa teori Freud mempengaruhi sebagian besar pada kecemasan dan emosi sebagai proses motor debit. Dalam beberapa tahun terakhir, psikoanalis menjadi khawatir dengan apa yang disebut "ego psikologi" dan telah mencoba untuk mengklarifikasi peran gagasan dalam kaitannya. Tujuan Brenner adalah untuk mengembangkan teori dari mempengaruhi yang kongruen dengan psikologi ego kontemporer.
Brenner percaya bahwa sadar, laporan subjektif dari emosi (mempengaruhi) tidak dapat diandalkan. Hal ini karena bercampurnya perasaan menyenangkan dan tidak menyenangkan, serta harapan atau kenangan dari kedua peristiwa baik dan buruk. Brenner menyatakan bahwa dalam mengatasi persaingan dapat menghasilkan perasaan senang dan kemenangan, tetapi juga mungkin melibatkan perasaan kasihan atau kasih sayang dan harapan hukuman karena telah mengalahkan dia (Brenner, 1974 ). Menurut Brenner, satu-satunya cara memisahkan keduanya adalah dengan metode analitik; yaitu dengan mengamati perilaku pasien.
Brenner mendefinisikan affect sebagai "sensasi kenikmatan, tidak menyenangkan, atau keduanya, ditambah ide-ide, baik sadar dan bawah sadar, yang terkait dengan sensasi" (Brenner, 1974). Dari sudut pandang ini, kecemasan adalah perasaan tidak menyenangkan terkait dengan ide-ide spesifik tertentu yang bahaya.
Brenner melanjutkan dengan menunjukkan bahwa teori yang berlaku untuk kecemasan mempengaruhi depresi. Sedangkan kecemasan didefinisikan sebagai perasaan tidak menyenangkan yang berhubungan dengan gagasan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, sedangkan depresi adalah mendefinisikan perasaan tidak menyenangkan terkait dengan suatu peristiwa buruk telah terjadi. Brenner tidak menyatakan bahwa pengalaman kerugian tidak perlu didasarkan pada kerugian yang nyata; bahkan kerugian fantasi dapat membawa pengaruh depresi.
Dalam kaitan dengan depresi serta kecemasan, pemicu beberapa jenis pertahanan ego seperti represi, penyangkalan, atau proyeksi. Fungsi pertahanan ini untuk mengurangi perasaan tidak menyenangkan. "Ketika seorang pasien merasa cemas, tetapi tidak memiliki penjelasan tentang apa yang ia takuti, analis menganggap bahwa sifat ketakutannya mengatakan 'sesuatu yang buruk' yang akan terjadi, serta semua yang lain dan lainnya pertahanan yang bertanggung jawab untuk fakta bahwa pasien sendiri tidak dapat mengatakan apa itu ia takut, untuk memberikan konten apapun untuk kecemasannya "(Brenner, 1975).
Kedua, sejalan dengan teori yang mempengaruhi pertahanan pemicu ego yang berfungsi untuk meminimalkan perasaan takut, kehadiran kecemasan atau depresi yang jelas menunjukkan kegagalan pertahanan. Kondisi ini menyiratkan bahwa terapis harus memeriksa masalah mengapa pertahanan ego tidak bekerja. Pemeriksaan tersebut dapat memberikan wawasan ke dalam dinamika kepribadian.
Implikasi ketiga pandangan Brenner, berkaitan dengan penggunaan depresi jangka. Dia menunjukkan bahwa telah digunakan dua pengertian yang berbeda: (1) sebagai mempengaruhi negara dan (2) sebagai label diagnostik. Label diagnostik depresi mengacu pada sekelompok gejala heterogen, konflik, dan asal-usul. Terapis harus mencoba untuk memisahkan peran bahaya dari benda yang merugikan dan harus mencoba untuk mengidentifikasi pertahanan dan kepribadian yang mencerminkan individu dalam menangani perubahan hidup.
D.    PENDEKATAN EVOLUSIONER PADA EMOSI
Teori evolusi telah digambarkan sebagai salah satu ide yang paling penting dalam biologi. Ini memiliki dampak besar pada pikiran, tidak hanya dari biologi tetapi juga pada peneliti dalam ilmu fisika dan sosial. Seperti yang diakui Darwin, evolusi tersirat perubahan struktur fisik dan sistem mental (atau perilaku). Inilah sebabnya mengapa Darwin mulai mengamati ekspresi emosi pada hewan dan manusia. Ide evolusi secara bertahap memasuki pemikiran psikolog tentang sifat emosi. Ini termasuk gagasan bahwa emosi adalah bentuk sinyal komunikasi yang memiliki nilai adaptif atau kelangsungan hidup.
Ross Buck: Emosi sebagai komunikasi dan pembacaan
Buck berusaha memahami emosi dari sudut pandang teori komunikasi. Menurut teorinya, emosi adalah hal penting dalam konteks interaksi. Emosi diekspresikan ke dalam bentuk suara, gestur atau ekspresi wajah.
Buck menganggap bahwa motivasi dan emosi merupakan dua aspek dengan proses pokok  yang sama. Keduanya memiliki adaptasi pada tubuh, dan berusaha menjaga homeostasis, melibatkan ekspresi eksternal dari keadaan internal, dan dapat diakses oleh pengalaman subjektif. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi koordinasi sosial dengan komunikasi dan tujuan tertentu. Berlawanan dengan teori W. James, Buck percaya bahwa pengalaman subjektif didasari readout dari aktivitas neurokimia pada beberapa bagian otak.
Makhluk sosial mesti mampu mengkomunikasikan keadaan takut, marah, dan ketertarikan seksual untuk memenuhi tujuannya. Dalam proses evolusi, suatu perilaku bahkan dijadika ritual untuk memudahkan pengiriman informasi dan penerimaanya. Contohnya, para peneliti percaya bahwa pada primata, aksi mengangkat alis merupakan ekspresi terkejut atau ketertarikan.
Menurut Buck, ada tiga aspek emosi. Pertama adalah penjagaan status homestasis, kedua adalah menampilkan ekspresi, ketiga adalah pengalaman subjektif. Tiap aspek mesti diinterpretasikan sebagai sebuah proses. Teori ini diajukan Buck dengan asumsi bahwa proses kognitif terlibat dalam semua interaksi sosial. Label individual didasari atas kondisi masa sekarang dan pengalaman masa lalu, yang bakal mempengaruhi hasilnya. Aturan Display, yang ditentukan oleh budaya atau sub-grup, juga memengaruhi perilaku yang tampak.
Model dasar yang diajukan Buck adalah interaksi antara stimulus dari luar dan sistem motivasi / emosi, serta pembelajaran yang relevan. Sistem kognitif menilai dan melabeli keadaan emosional. Aturan display kemudian menentukan seluas apa pengekspresian motivasi / emosi dalam perilaku ataupun ekspresi tubuh.
Nico H. Frijda: Emosi sebagai Aksi kesiapan perubahan
Dalam bukunya The Emotion (1980), Nico Frijda, psikolog Belanda, mengajukan teori emosi dengan prinsip:
1.      Emosi mempunyai dasar biologis, karena melibatkan aktivitas dan impuls, baik pada hewan ataupun manusia
2.      Emosi pada manusia dipengaruhi banyak faktor kognitif yang tak ada pada hewan; moral, norma, kesadaran diri.
3.      Emosi pada hewan dan manusia berhubungan dengan usaha dalam pengekangan dan pengendalian (pengaturan).
4.      Emosi bertentangan dalam kaitannya dengan mode aktivasi, kecenderungan aksi, dan respon otomatis
5.      Emosi yang berbeda dipicu susunan stimulus yang berbeda.
6.      Emosi dipicu oleh event yang signifikan dalam hidup individu.
Walau teori Frijda telah dibagi dalam aspek-aspek, ia cenderung berpikir bahwa itu adalah teori kognitif karena analisisnya dalam proses kognitif emosi. Menurutnya, saat ada stimulus, sebuah penganalisa internal mengkodekan stimulus menjadi stimulus yang diketahui, lalu komparator membandingkan stimulus dengan interest pribadinya. Lalu pendiagnosa menilai apakah individu dapat atau tidak dapat melakukan sesuatu. Lalu evaluator menentukan tingkat keseriusan situasi. Ini juga diikuti perencana aksi, disertai perubahan fisiologis yang diperlukan sesuai tindakan. Proses tsb. merupakan proses kognitif yang hipotetik.
Menurut Frijda, perubahan yang terjadi pada kesiapan tindakan yang menggambarkan kondisi mental biasanya muncul sebagai respon dari keadaan darurat atau adanya interupsi. Selain itu, menurutnya fitur penting pada emosi adalah pola reaksi yang fleksibel dan kemampuan mengendalikan perilaku. Namun hal ini tidak dapat dilihat proses evolusinya pada manusia.
Teori milik Firjda bersifat fungsional. Emosi ada untuk berfungsi: dalam keadaan darurat yang berhubungan dengan kepuasan hidup  seseorang, yaitu dengan mengevaluasi hubungan event dan tindakan yang tepat. Karena Frijda mengaitkannya dengan keadaan darurat, emosi dianggap sebagai sistem yang tanggap bahkan pada minimnya informasi. Maka dari itu, kadang terjadi kesalahan, seperti ekspresi yang tak sesuai dengan situasi, atau sebagainya. Bagaimanapun jua, menimbang risiko, ini merupakan cara adaptasi yang cukup sukses.
Robert Plutchik: Teori Emosi Psikoevolusi
Diawali paper dari R. Plutchik pada 1958. Didasari oleh enam postulat:
Postulat pertama, yang menyatakan bahwa emosi adalah bentuk komunikasi dan mekanisme survival, merupakan refelksi dari penganut teori darwin, yang merupakan ilmu karakter konvensional.
Menurut Darwin (1872/1965), ada dua fungsi dari emosi bagi hewan. Pertama, untuk dapat selamat dari situasi darurat, mereka mesti melakukan reaksi yang sesuai dengan lingkungan. Kedua, emosi berperan sebagai pertanda perilaku mereka.
Teori evolusi mengasumsikan bahwa untuk tetap bertahan hidup, makhluk hidup mesti mengatasi masalah yang diciptakan oleh lingkungan habitatnya, seperti pasangan, predator yang mengancam, dan lainnya. Emosi merupakan adaptasi perilaku yang sangat konservatif yang telah meningkatkan kesempatan bertahan hidup organisme.
Postulat kedua, bahwa emosi memiliki dasar genetik, berasal dari konteks psikoevolusi. Menurut Darwin (1872/1965),  ada empat tipe bukti yang digunakan untuk membangun dasar genetik untuk emosi. Pertama, ia menemukan bahwa beberapa ekspresi pada hewan tingkat rendah memliki kesamaan. Kedua, ia juga menemukan bahwa beberapa ekspresi pada bayi dan dewasa sama. Ketiga, ekspresi pada individu yang terlahir tunanetra tampak sama dengan individu normal. Keempat, ekspresi pada umat manusia relatif sama, terlepas dari ras maupun golongan.
Dalam penelitian dewasa ini, dibandingkan kembar monozigot dan kembar dizigot dengan berbagai metode, dan menghasilkan kesimpulan bahwa genetik sangat berperan pada emosi. Teori genetik mengindikasikan bahwa individu tidak mewarisi perilaku secara keseluruhan, melainkan hanya struktur dan mekanisme psikologis yang menengahi perilaku.
Postulat ketiga, adalah bahwa emosi merupakan konstruksi hipotesis, dibangun dari banyak bukti, yaitu: 1. Pengetahuan akan kondisi stimulus, 2. Pengetahuan akan perilaku organisme dalam berbagai kondisi, 3. Pengetahuan akan tipikal perilaku spesies, 4. Pengetahuan akan reaksi kelompok organisme, dan 5. Pengetahuan akan efek dari perilaku individu terhadap orang lain. (Plutchik, 1980a). Salah satu alasan mengapa keadaan emosi sangat sulit dijelaskan, adalah karena emosi timbul bersamaan.
Postulat keempat, adalah bahwa emosi merupakan rentetan event dengan reaksi yang dihasilkan cenderung homeostasis. Event tsb.mesti dievaluasi secara kognitif sebagai hal penting. Lalu, setelah diambil keputusan, perasaan dan perubahan psikologis terpola akan muncul. Semua untuk mengembalikan situasi darurat menjadi situasi homeostasis seperti awal.
Postulat kelima, adalah bahwa hubungan pada emosi dapat dijelaskan dengan struktur model tiga dimensi seperti kerucut pada gambar berikut. Dimensi vertikal mewakili intensitas perasaan, lingkaran mewakili kemiripan emosi, dan masing-masing kutub mewakili emosi yang berlawanan.

Postulat enam, adalah bahwa emosi berhubungan dengan beberapa faktor di luar ranah konseptual. Telah dibuktikan bahwa bahasa berkaitan erat dengan emosi dan traits kepribadian.
Aspek dimensi tersebut dapat diturunkan lebih jauh. Istilah diagnostik seperti depresi dan manic dapat dijelaskan sebagai bentuk ekstrem dari sedih, senang dan jijiik. Penurunan ini juga dapat dilakukan dengan bahasa pertahanan ego. Contohnya, proyeksi merupakan cara mengatasi perasaan jijik dengan mengatributkannya pada individu lain.
Teori psikoevolusi telah banyak berkontribusi dalam psikologi, salah satunya dengan mengenalkan pendekatan emosi yang relevan dengan hewan tingkat rendah. Teori ini juga telah memprediksi observasi baru yang telah teruji secara empiris. Juga telah menemukan insight , seperti emosi dengan motivasi, kognitif, mompi, empati, dan proses utama.


Sumber :
Plutchik, Robert. 1994. The Psychology and Biology of Emotion 1st edition. New York: HarperCollins College Publishers.

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana Menyiasati Anak yang Sulit Makan ?

Ibu : "A lagi ya, satu lagi aaanya, yah satu lagi yah" Anak : "Nggak mau, udah kenyang" Ibu : "Satu lagi deh, abis itu udahan deh makannya. Tinggal sedikit nih, tuh lihat di piringnya, tinggal sedikit kan. Satu lagi yaaaaa" Anak : "Nggak mau ah, udah kenyaaaaaaaaaaaang" Bagi sebagian ibu, dialog di atas mungkin terdengar sangat familiar di telinga ketika jam makan anak-anak telah tiba. Memberi makan kepada anak-anak balita terkadang memang menyulitkan. Anak tidak selalu menyukai apa yang diberikan kepada mereka. Mereka cenderung lebih menyukai makanan ringan berupa makanan yang manis (seperti permen, biskuit), makanan junk food (biasanya dalam bentuk makan siap saji seperti hamburger, fried chicken, french fries), dan makanan yang tasty (misalnya chiky, cheetos) dibandingkan makanan utama yang berupa nasi dan lauk pauknya. Menghadapi situasi diatas orangtua biasanya menggunakan berbagai cara untuk membuat agar anakn...

Cerita tentang Kompas Kehidupan

  Kehidupan ibarat mengembara, mengendarai sebuah kapal ditengah luas nya lautan, ketika diperjalanan, kita akan menemukan banyak hal, ada suatu kondisi dimana kita berada dilautan yang tenang, malam nan dingin penuh bintang, badai dengan petir, harta karun dan pulau yang indah. Sejatinya si pengendara kapal akan menentukan tujuan kemana ia akan pergi dan menemukan harta karunnya. Aku ingin bertanya satu hal yang perlu kamu jawab dalam hati.. kira-kira apakah kamu sudah menemukan tujuan perjalanan mu ?, ada beberapa orang akan mengatakan bahwa tujuan mereka ingin membuat orang tua bahagia, menjadi orang sukses dan kaya. Apakah benar demikian ?, ya ngak salah juga, kamu memiliki tujuan yang mulia seperti itu, tapi di episode kali ini aku ingin berbagi kepada kamu mengenai kompas kehidupan. Seperti layaknya nahkoda kapal kamu perlu menemukan tujuan perjalanan yang ingin kita tuju, dan jangan sampai justru itu bukan tujuanmu yang tanpa kamu sadari itu bukan kamu, dan membuat mu merasa...